Hukum Mengucapkan Selamat Pagi dalam Islam

Apa hukumnya kita menyapa seseorang yang non muslim dengan mengucapkan "selamat pagi/selamat siang/selamat malam"? Karena saya pernah mendengar seorang penceramah yang mengatakan bahwa itu tidak boleh dengan alasan ada kata-kata"selamat" yang berarti kita mendoakan keselamatan bagi mereka.

Jika memang itu tidak boleh, lalu bagaimana seharusnya kita menyapa orang-orang non muslim?

Jawab :

Ketika kita mengucapkan "selamat pagi", niatnya sama sekali tidak pernah mendoakan dan tidak pernah ada dalam benak"Semoga Allah memberikan keselamatan kepada Anda." Tetapi semata-mata sapaan atau dikenal dengan istilah greeting.

Dalam hukum Islam, kita tidak diharamkan untuk bersopan santunatauberbasa-basi dengan orang kafir. Dan juga tidak ada salahnya kita menyapa orang kafir.

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu. (QS. An-Nisa': 86)

Dan ketika kita menyapa atau berbasa basi dengan orang kafir, tentunya tidak bisa disamakan dengan mendoakan keselamatan atasnya. Ketika kita menyapa mereka dengan ''Good Morning'' atau ''Shabahul Khair", sama sekali tidak ada unsur doa keselamatan kepada mereka. Jadi hukumnya tidak haram.

Tinggal kita ganti saja kata ''Selamat Pagi'' itu dengan ungkapan greeting yang lebih tepat, bahkan pakai saja dalam bahasa Inggris atau bahasa Arab sekalian, biar tidak ada salah tafsir dan dianggap mendoakan.

Atau tidak usah diucapkan kata "selamat", cukup disingkat menjadi "Pagi." Walaupun kalau diucapkan juga, asal niatnya bukan mendoakan keselamatan, tentu juga tidak mengapa. Karena masalah ini hanya kesilapan bahasa dan keterbatasan cara pengungkapan dan kekakuan terjemahan.
 
Kesimpulan :
untuk sesama muslim "selamat pagi" boleh meskipun niatnya mendoakan maupun hanya tegur sapa.
shabahul khair = good morning = pagi yg baik

Category: 0 komentar

0 komentar:

Search This Blog

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

choiriyah fitriani amiliyah. Diberdayakan oleh Blogger.